Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari jurusan Ilmu Perpustakaan Universitas Diponegoro telah melaksanakan program pembinaan perpustakaan di SD Negeri Sidomulyo. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan perpustakaan sekolah melalui serangkaian kegiatan yang meliputi inventarisasi, katalogisasi, dan klasifikasi koleksi perpustakaan. Kegiatan pertama yang dilakukan adalah inventarisasi seluruh koleksi perpustakaan. Mahasiswa mendata semua buku dan bahan pustaka lainnya yang ada, mencakup judul, pengarang, tahun terbit, dan kondisi fisik buku. Proses ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang jumlah dan kondisi koleksi yang tersedia di perpustakaan SD Negeri Sidomulyo.
Setelah inventarisasi, dilanjutkan dengan kegiatan katalogisasi. Kegiatan klasifikasi meliputi kegiatan membuat deskripsi bibliografis untuk setiap buku, yang kemudian dimasukkan ke dalam katalog perpustakaan. Katalog ini disusun dengan rapi agar siswa dan guru dapat dengan mudah menemukan buku yang mereka butuhkan. Selain itu, mahasiswa juga melatih petugas perpustakaan sekolah dalam proses katalogisasi, sehingga mereka dapat melanjutkan tugas ini secara mandiri di masa depan. Langkah terakhir dari program ini adalah klasifikasi koleksi perpustakaan. Dengan menggunakan sistem klasifikasi yang sesuai, seperti Dewey Decimal Classification (DDC), buku-buku di perpustakaan dikelompokkan berdasarkan subjek atau topik tertentu. Klasifikasi ini memudahkan siswa untuk menemukan buku sesuai dengan minat dan kebutuhan mereka.
Perpustakaan SD Negeri Sidomulyo bisa menjadi lebih terorganisir dan efisien dalam melayani kebutuhan informasi para siswa dan guru. Buku-buku yang sebelumnya sulit ditemukan kini lebih mudah diakses, sehingga dapat meningkatkan minat baca siswa. Selain itu, dengan adanya pelatihan yang diberikan, petugas perpustakaan sekolah kini memiliki kemampuan yang lebih baik dalam mengelola koleksi perpustakaan. Program pembinaan ini tidak hanya memberikan manfaat langsung bagi SD Negeri Sidomulyo, tetapi juga menjadi model bagi sekolah-sekolah lain yang ingin mengembangkan perpustakaan mereka. Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro berharap bahwa kegiatan ini dapat terus berlanjut dan berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah-sekolah dasar melalui optimalisasi layanan perpustakaan.