IMG-LOGO
Berita Lokal

Bermain Sambil Belajar: Penerapan Media Ajar Interaktif dan Inovatif

Create By bagus zuldino 18 August 2024 96 Views
IMG

Desa Sidomulyo, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang (05/08/2024) – Minat belajar matematika di kalangan siswa Sekolah Dasar (SD) sering kali menjadi perhatian khusus bagi pendidik dan orang tua. Matematika, sebagai salah satu mata pelajaran inti, memainkan peran penting dalam pengembangan kemampuan berpikir logis, analitis, dan pemecahan masalah. Namun, banyak siswa yang masih merasa kesulitan dan kurang termotivasi dalam mempelajari matematika. Fenomena ini tentu saja berdampak pada pencapaian akademik dan menimbulkan tantangan tersendiri bagi para guru. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab rendahnya minat belajar matematika di kalangan siswa SD seperti anggapan bahwa matematika sulit dan membosankan, metode pengajaran yang kurang variatif, kurangnya penghubungan antara matematika dan kehidupan sehari-hari, kecemasan dan rasa takut terhadap kegagalan, dan dukungan belajar yang kurang.

Dalam menghadapi tantangan ini, diperlukan pendekatan yang lebih kreatif dan inovatif untuk meningkatkan minat belajar matematika di kalangan siswa SD. Salah satu solusi yang dapat diterapkan adalah penggunaan media ajar interaktif dan permainan edukatif yang dapat membuat pembelajaran matematika menjadi lebih menyenangkan dan relevan bagi siswa. Dengan pendekatan yang tepat, siswa dapat dibantu untuk mengubah persepsi mereka terhadap matematika dan menemukan kesenangan dalam mempelajari mata pelajaran ini.

Dengan adanya permasalahan tersebut, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Elisabet Karin Yubelianda dari jurusan Matematika, Fakultas Sains dan Matematika bersama TIM II KKN Universitas Diponegoro Semarang  telah meluncurkan program media ajar interaktif dan inovatif di SDN Sidomulyo. Program ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar matematika di kalangan siswa melalui permainan yang edukatif, yaitu “UTAK ATIK (Ular Tangga Matematika)” dan “DOMATIKA (Domino Matematika)”.

Para siswa SDN Sidomulyo tampak antusias mengikuti permainan yang dirancang untuk mempermudah pemahaman konsep-konsep matematika dasar. Ular Tangga Matematika, misalnya, menggabungkan konsep perhitungan sederhana dengan aturan permainan klasik, sehingga siswa dapat belajar sambil bermain. Setiap kotak pada papan ular tangga memuat soal matematika yang harus dijawab oleh siswa sebelum melanjutkan langkahnya.

Para siswa SDN Sidomulyo tampak antusias mengikuti permainan yang dirancang untuk mempermudah pemahaman konsep-konsep matematika dasar. Ular Tangga Matematika, misalnya, menggabungkan konsep perhitungan sederhana dengan aturan permainan klasik, sehingga siswa dapat belajar sambil bermain. Setiap kotak pada papan ular tangga memuat soal matematika yang harus dijawab oleh siswa sebelum melanjutkan langkahnya.

Sementara itu, Domino Matematika tidak kalah menarik. Permainan ini mengajak siswa untuk menyusun kartu domino berdasarkan hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan pengetahuan matematika dasar yang tertera pada kartu tersebut. Dengan cara ini, para siswa tidak hanya belajar berhitung, tetapi juga mengasah kemampuan logika.

Program ini juga diharapkan dapat menjadi salah satu solusi untuk tantangan dalam pembelajaran matematika yang sering dianggap sulit oleh siswa. Dengan adanya pendekatan yang lebih interaktif, para guru percaya bahwa hasil belajar siswa dapat meningkat. Selain itu, mahasiswa KKN juga memberikan pelatihan kepada para guru di SDN Sidomulyo tentang cara memanfaatkan media ajar interaktif ini dalam kegiatan belajar mengajar sehari-hari. Harapannya, setelah program KKN selesai, para guru dapat terus menggunakan media ini untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Dengan keberhasilan program ini, SDN Sidomulyo diharapkan dapat menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lain dalam mengimplementasikan metode pembelajaran yang lebih interaktif dan inovatif.